Breaking News
Loading...
Sabtu, 27 Februari 2016

Skripsi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini mempunyai pengaruh besar terhadap pendidikan fisika di sekolah. Pengaruh tersebut terutama pada ruang lingkup materi pelajaran dan sistem penyampaian pelajaran.
Perbandingan antara ruang lingkup materi fisika yang semakin luas dengan sedikitnya jumlah waktu yang tersedia, mendorong guru mengajar dengan cepat agar semua materi dapat disampaikan, tanpa memperhatikan apakah peserta didiknya sudah benar-benar jelas atau belum. Kenyataan itulah yang merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya prestasi belajar fisika.
            Sebagai salah satu bagian dari IPA, fisika memegang peranan penting dalam era pengembangan teknologi informasi saat ini. Oleh karena begitu pentingnya peranan fisika dalam menunjang perkembangan teknologi saat ini, maka upaya sosialisasi fisika kepada siswa tentunya merupakan tantangan tersendiri bagi guru fisika. Tantangan tersebut lebih terfokus pada cara mensosialisasikan pelajaran fisika itu sendiri kepada siswa, sehingga guru dapat menyelenggarakan proses belajar mengajar di kelas secara optimal.

            Secara umum mata pelajaran fisika kurang diminati oleh siswa. Seperti yang dikemukakan Wayan Memes (2000 :1) keinginan untuk mengikuti pelajaran terutama bidang studi fisika dan kimia cenderung menurun. Dengan demikian tidaklah mengherankan kalau nilai rata-rata bidang studi fisika atau dalam Nilai Ebtanas Murni (NEM) selalu lebih rendah daripada mata pelajaran lain. Dalam hubungan ini di samping fisika menjadi momok atua mata pelajaran yang menakutkan di mata siswa, faktor lain yang menjadi penyebabnya adalah metode pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran fisika kurang tepat. Untuk memperbaiki keadaan itu perlu diupayakan agar guru menggunakan model pemberlajaran dengan suatu pendekatan yang menjadikan semua siswa aktif dan ikut terlibat secara langsung dalam proses belajar-mengajar.
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top